Pengantar Komunikasi Politik

Pengantar Komunikasi Politik

Sebagai bagian dari komunikasi nonverbal, fungsi-fungsi komunikasi nonverbal pun melekat pada fungsi bahasa tubuh. Secara sederhana bahasa tubuh dapat diartikan, ”penyampaian pesan nonlisan yang menggunakan kemampuan seluruh anggota badan untuk menyampaikan pesan”, seperti menggunakan gerak tubuh, mimik wajah, isyarat tangan dan jarak tubuh. Pease menyebut bahasa tubuh itu mencakup mulai dari isyarat tangan, isyarat mata, posisi tubuh hingga jarak yang dibangun antara dua orang yang berbicara. Tahap pertama kita membuat kontak, ada beberapa macam persepsi alat indra, Anda melihat, mendengar dan membaui seseorang. Beberapa peneliti, dalam tahap ini selama empat menit pertama , Anda akan memutuskan apakah ingin melanjutkan hubungan ini atau tidak.Pada tahap ini penampilan fisik begitu penting, karena dimensi fisik begitu terbuka untuk diamati secara mudah. Namun demikian, kualitas-kualitas lain, seperti bersahabat, kehangatan, keterbukaan,dan dinamisme juga terungkap dalam tahap ini.Jika Anda menyukai orang tersebut maka akan berlanjut ketahap kedua.

Dalam setiap komunikasi yang melibatkan dua orang atau beberapa orang, akan ditemukan beragam pribadi yang harus dikenali, yaitu diri kita sendiri dan diri pihak/orang lain yang menjadi companion komunikasi. Persepsi merupakan proses inner dalam diri seseorang yang memungkinkan ia memilih, mengorganisasikan, dan menafsirkan rangsangan dari lingkungan sehingga hal itu mempengaruhi perilaku yang bersangkutan. Gangguan merupakan komponen yang mendistorsi sebuahpesan.Gangguan dapat terjadi pada kedua belah pihak baik penyampai atau penerima pesan dalam komunikasi. Misalnya desingan suara mobil, pandangan atau pikiran yang sempit dan penggunaan istilah yang menimbulkan arti yang berbeda-beda, merupakan contoh dari masing-masing jenis gangguan yang dapat mendistorsi pesan yang dimaksudkan dalam komunikasi. Kompetensi Komunikasi; mengacu pada kemampuan Anda berkomunikasi secara efektif . Kompetensi ini mencakup pengetahuan tentang peranlingkungan dalam mempengaruhi isi dan bentuk pesan komunikasi.

Semua jenjang Pendidikan telah menggunakan teknologi web dalam proses pembelajaran. Kondisi ini menjadi tugas utama bagi pendidik untuk dapat memotivasi pelajar, agar dapat menjadikan fasilitas internet sebagai sarana yang dapat membantu pembelajaran dapat berjalan dengan baik, apalagi dengan kondisi pembelajaran jarak jauh. Penggunaan media sosial sebagai media kampanye politik, telah mengubah metode konvensional dalam penyampaian pesan kampanye. Kemudian dikembangkan untuk mengidentifikasi pemilih yang belum menentukan pilihannyasecara particular person, dengan mengirimkan iklan kampanye politik yang sesuai dengan minatnya. Bahkan dalam beberapa kasus, konten iklan yang ditargetkan tersebut tidak menutup kemungkinan mengandung materi yang disinformatif.

Keterlibatan semua pihak di atas, telah memungkinkan adanya berbagai program acara televisi, termasuk di dalamnya siaran-siaran dakwah Islamiyah. Dari sisi dunia pertelevisian seluruh program yang ditayangkan di layar kaca, di-setting untuk kepentingan pencitraan stasiunnya sekaligus sebagai nilai jual dan daya tarik modal yan diharapkan muncul dari pemasang iklan. Sehingga segala program yang dianggap akan merusak citra televisi dan berimbas pada larinya pemasan iklan sedapat mungkin dihindari. Meskipun demikian, paket acara dakwah di media televisi tetap saja tak luput dari kekurangan.

Karena itu PT KCI kembali memberikan inovasi di bidang pelayanan dengan menugaskan petugas pelayanan KRL yang siap membantu para penumpang KRL dengan memberikan informasi selama perjalanan. PPK yang melayani di rangkaian KRL sejak Februari 2014 juga bertugas membantu masinis apabila terjadi gangguan teknis dalam perjalanan, serta melayani buka tutup pintu saat penumpang turun dan naik di stasiun. Mulai 1 Oktober 2020, PT KAI menugaskan KCI untuk mengoperasikan kereta api lokal di wilayah Daop 1 Jakarta dan Daop 6 Yogyakarta. Dalam tahap ini kereta api lokal yang dikelola KCI adalah KA Lokal relasi Rangkasbitung-Merak pp di wilayah Daop 1 Jakarta dan KA Prambanan Ekspres relasi Kutoarjo-Yogyakarta-Solo Balapan pp di wilayah Daop 6 Yogyakarta. Hendaknya masyarakat tidak hanya mempelajari agama melalui televisi saja, namun harus mencari kebenarannya melalui guru-guru atau ulama-ulama yang lebih memahami ilmu agama agar tidak dipengaruhi oleh paham-paham yang meyesatkan. Di luar semua itu, sesungguhnya sulit untuk mengukur tingkat keberhasilan dakwah Islamiyah yang disampaikan melalui layar kaca baik itu yang disampaikan oleh KH Zainuddin MZ, Aa Gym, atau Ustad Jefri Al- Bukhori maupun ustad-ustad lainnya.

Menggunakan media sebagai sarana iklan

Stasiun televisi tidak mau peduli tentang siapa yang lebih baik dakwahnya antara Ustad Jefri Al-Bukhori atau Prof. Quraish Shihab, karena perbandingan seperti ini diluar konteks mereka. Acara ini ternyata mendapat perhatian yang luas dari kalangan umat Islam karena dirasakan cukup bermanfaat bagi pemirsa di rumah. Lebih banyak orang yang menggunakan teknologi untuk menyaring penelepon yang tidak diinginkan, khususnya telemarketer. Ia menawarkan kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan penglihatan, suara, dan gerak. Kurun waktu sepuluh tahun terakhir ini, tarif iklan radio kenaikannya tidak terlalu signifikan dibanding media lain.

Kerangka referensi seseorang terbentuk dalam dirinya sebagai hasil dari perpaduan pengalaman, pendidikan, cita-cita, gaya hidup, norma hidup, standing sosial, ideologi, dan lain-lain. Memperjelas relasi, mengingat pesan komunikasi itu mengandung isi dan informasi tentang relasi. Anda mungkin membina hubungan primer, sehingga orang lain itu menjadi sahabat baik atau kekasih Anda. Komitmen ini dapat menjadi berbagai bentuk, perkawinan, membantu orang itu atau mengungkapkan rahasia besar Anda. Tahap ini hanya disediakan untuk sedikit orang paling banyak empat orang, karena jarang sekali orang memiliki lebih dari empat orang sahabat. Dalam komunikasi pendidikan, seorang pendidik harus mempunyai komunikasi pribadi yang baik karena ini akan berpengaruh untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara pendidik dan peserta didiknya.

Comments are closed.